MASA DEPAN MILIK ISLAM

MASA DEPAN MILIK ISLAM

assalamualaikum

Selasa, 21 September 2010

Anak Rohis Kudu Jilbaber or Jenggoter?


Sekalipun sudah banyak buku yang membahas mengenai bagaimana jadi anak Rohis yang gaul, nge-fren ma Islam, jilbab bukan halangan, dll tapi bagi sebagian masyarakat nampaknya memang telah tersugesti bahwa cewek2 yang mo ikutan Rohis seolah-olah kudu harus berjilbab gede, so buat yang belum berjilbab belum pantes masuk Rohis atau yang cowok kudu berjenggot.

Salah besar!!! Setiap orang berhak ‘tuk mengenal Islam, man! Ga peduli apakah dia itu kaya-kurang kaya, ganteng/cantik-kurang ganteng/cantik dikit, tua-muda, jilbab gede-jilbab kurang gede-jilbab ngirit-belum berjilbab, Islam-non Islam, dan semua orang yang ada di belahan bumi utara-selatan-timur-barat, karena Islam merupakan agama universal yang mengatur kehidupan seseorang semenjak di dalam kandungan-dilahirkan-dewasa-meninggal-hingga saat dimintai pertanggung jawaban, semenjak mata ini melek-beraktivitas-merem-tidur-hingga melek lagi. Adapun setiap muslim sebenarnya adalah anggota Rohis secara tidak langsung hanya tidak semuanya menjadi pengurus.

Berjilbab bukanlah syarat untuk menjadi pengurus Rohis. Ga ada dalilnya ko kalo jadi pengurus Rohis tuh harus berjilbab. Tapi yang ada adalah kewajiban mengenakan jilbab buat perempuan yang udah dewasa.

Masalah udah dewasa atau belum tentulah tiap orang lebih mengetahui dirinya karena perubahan-perubahan yang mencolok dapat terlihat dan disadari oleh pribadi masing-masing. Masalah arti kata ”wajib” tentulah tiap orang yang berakal pun mengetahuinya, bahkan anak kelas 3 SD pun jika dibilang ia wajib piket usai sekolah InsyaAllah paham artinya.

Yup, sekalipun ada yang berdalih klo ia belum berjilbab karena belum siap maka apakah ia kan mengatakan hal yg sama bila nanti ditanya oleh Allah? Karena setahu saya sesuatu yang wajib untuk dikerjakan itu artinya mau ga mau, suka ga suka, siap ga siap ya kudu dilakuin. But, yg namanya hidayah tuh hak-Nya Allah aja sih, so qta sebagai sodara cuman bisa ngingetin. Hidayah itu mahal, man! En ga semua orang bisa ngedapetin, bahkan ada hadits yg mengatakan jika karena diri kita maka seseorang mendapatkan hidayah maka kita bagaikan mendapat unta merah dari Allah. Yup, it’s coz the price of hidayah is really really expensive, makanya buat yg dah dapet hidayah jangan sampe kelepas deh hidayah itu.

Buat yg cowok, menjadi anak Rohis pun ga berarti harus berjenggot coz yang namanya jenggot tuh merupakan rambut di dagu yang tumbuh karena hormon tertentu. Lah, kasian kan klo da orang yang jenggotnya ga numbuh2, apa lantas dia kudu make penumbuh rambut?! Jadi inget ma sobat saya yg usianya 2 tahun di atas saya. Waktu jenggot saya dah kemana-mana eh dia malah belum pernah numbuh sehelai pun
Yup, itulah karunia Allah dan sy pun bersyukur karena dapat menjalankan salah satu sunnah Rasul.

Yang namanya hijrah tuh kan ga cuma satu waktu, misal pas daftar Rohis aja or pas pertama pake jilbab, or pas ber-azzam tuk totally change to sabilillah. But, hijrah tuh kudu dilakukan setiap saat setiap waktu en dari waktu yg satu ke waktu yg lain. Seperti kata Rasulullah, ”orang yang merugi adalah orang yang hari ini tidak lebih baik dari hari kemarin” (pesen ni terutama ditujukan buat diri sy). Apalagi yg Allah liat kan proses, ’tul ga?

Yup, Rohis mang selalu terbuka buat semua orang. Open Recruitment-nya pun sepanjang tahun. Dijamin rugi abis bis biiss... deh buat yang belom pernah ngerasain sama sekali Rohis tuh kayak gimana. Nah, buat yg dah nyusun BAB 1 alias Niat ya sok aja, nunggu apa lagi? nunggu disuapin? Intinya bukanlah seberapa gede jilbab kita or seberapa panjang jenggot kita tapi seberapa serius diri kita untuk berubah ke arah yang lebih baik dan mengejar cinta-Nya. Nah, klo diri kita sudah menemukan cinta sejati itu tentulah hal2 yg berkaitan dengan fisik pun akan mengikuti dengan sendirinya. Bagi yg cowok, karena kecintaannya pd Allah dan Rasul-Nya, maka akan mengikuti sunnah Rasul-Nya dengan memelihara jenggot dan kewajiban2 serta sunnah2 yg lain. Bagi yg cewek, karena kecintaannya pd Allah dan Rasul-Nya, sudah tentu akan malu sekali bila dah se-gede ini auratnya masih berkeliaran kemana-mana dan lekuk tubuhnya masih dapat dijelajahi oleh para pemirsa

Tapi, semua itu da prosesnya dan proses itu takkan jalan klo ga da kemauan. Ibaratnya ada 2 orang koki. Si A pintar masak, ilmunya banyak, bisa bikin kue apa aja, tapi karena ga mau masak akhirnya ga ada senampan kue pun jadi. Sementara si B yang belum bisa masak wlo dah belasan kali kursus en ngeledakin oven 4x, tapi karena ada kemauan akhirnya sedikit demi sedikit jadi deh kue itu, dan yg tadinya gosong terus diulang dan diulang akhirnya di dapatlah cita rasa yg ma’nyuuzz.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar