MASA DEPAN MILIK ISLAM

MASA DEPAN MILIK ISLAM

assalamualaikum

Selasa, 31 Juli 2012

Contribution On the Spot “Legiun Inspiraitif”


Legiun Inspiratif BERAKSI!, tepat pukul 07.00 kami bergerak meninggalkan asrama PPSDMS Nurul Fikri menuju Terminal Laladon. Kami, Mohammad Nizam Mustaqim, Muhammad Badar, Muhammad Mifathul Ihsan, Muhammad Satria Bangun, dan Mochamad Afif Azhar siap memberikan kontribusi terbaik  untuk tempat ini dengan tindakan-tindakan sederhana dan kongkrit.  Hal ini dalam rangka menjalankan tugas Contirbution On the Spot salah satu program pembinaan PPSDMS Nurul Fikri yang mengharuskan kami memberikan perubahan pada lingkungna sekitar dengan kompetensi yang dimilki.

Pukul 07.21 legiun Inspiratif tiba di Terminal Laladon.  Layaknya sebuah terminal, pagi ini pun tempat ini dipenuhi oleh kendaraan angkutan umum serta orang-orang yang beraktivitas. Tanpa membuang waktu kami segera menganalisis keadaan sekitar untuk menentukan tindakan apa yang akan kami ambil. Setelah kami menganilisis keadaan, memebersihkan sampah-sampah yang berserakan di kawasan Terminal Laladon adalah hal yang kami anggap paling memungkinkan. Alasan paling mendasar kami karena  banyak sampah berserakan di semua penjuru akibat sudah dua hari lamanya petugas kebersihan tidak bertugas di tempat ini.  Tempat yang paling kotor dan perlu segera ditangani adalah pasar di dalam Terminal Laladon.
Segera kami meminta izin kepada petugas untuk mengambil peran dari petugas kebersihan.  Lalu kami diarahakn untuk meminjam gerobak sampah yang berada di pos satpam.  Siap dengan semuanya kami langsung membagi diri kami ke dalam dua kelompok.  Satu kelompok membersihkan pasar bagian depan dan kelompok kedua membersihkan bagian belakang.  Kondisi di sana banyak sekali sampah-sampah plastik kecil yang berserakan sehingga sedikit menyulitkan “Legiun Inspiratif” dalam bekerja.  Bau busuk juga tercium di terminal ini akibat adanya tumpukkan sampah di beberapa titik di terminal.

Setelah kami rasa cukup, kami pun kembali ke asrama PPSDMS Nurul Fikri.  Ada beberapa hal yang kami rasa bisa dijadikan evaluasi untuk penegelolaan terminal tersebut.  Menurut Kami penyediaan alat kebersihan harus ditambah karena masih sangat sedikit sekali kuantitasnya.  Selain itu pemberian pemahaman kepada masyarakat sekitar mengenai pentingnya hidup di lingkungan yang bersih juga diperlukan.   Saat di lapangan kami sudah membersihkan suatu lokasi, tetapi ketika kami kembali lagi ke tempat tersebut, hanya selang beberapa waktu tempat tersebut sudah kotor kembali.

1 komentar: